Perbedaan Blog dan Website yang Wajib Kamu Ketahui!

Daftar Isi [Tampil]

Perbedaan Blog dan Website yang Wajib Kamu Ketahui!
Anda masih bingung cara membuat website? Atau Anda sekarang ini ingin membuat blog saja? Tentunya Anda harus tahu dulu perbedaan blog dan website. Ini supaya Anda bisa lebih serius dan tidak salah mengambil langkah dalam membuat branding di internet.
Jika tidak ingin repot bikin Blog atau Website sendiri, Anda bisa memakai jasa bikin website dari Niagaweb yang sudah terbukti lebih cepat dan profesional. 

Apa itu Blog?

Blog adalah sebuah media online yang ada di internet dimana didalamnya terdapat berbagai konten. Misalnya saja artikel, video, gambar dan berbagai data tertentu. Namun pembahasan blog ini mengacu dan fokus pada topik tertentu. Dalam istilah para blogger, topik dan jenis blog ini sering dikatakan dengan niche.
Blog memang bagian dari website, namun tujuan dari blog ini justru lebih spesifik. Misalnya saja untuk menjaring trafik, meningkatkan pembaca dan target pembaca yang relevan serta bisa mendapatkan leads yang lebih prospek.

Apa itu Website?

Perbedaan halaman web dan web blog adalah pada target dan komunikasi yang akan dibangun dengan audiennya. Website adalah sekumpulan dari berbagai halaman web yang nantinya akan disatukan dalam wadah domain tertentu.
Nantinya akan berisi informasi beranda, kontak, profil dan berbagai informasi lainnya. Misalnya saja Facebook, Google dan website lain. Website sendiri juga ada berbagai macam, mulai dari website perusahaan, personal branding dan toko online. Tentu Anda sering menjumpai berbagai website ini.
Halaman website ini ada yang statis dan dinamis. Namun akan kami sebutkan persamaan dari web statis dan web dinamis. Dimana keduanya merupakan sebuah website yang akan menampilkan halaman di internet dan akan memuat informasi yang sifatnya khusus.

Perbedaan Blog dan Website

Bedanya blog dan website adalah ada pada isi konten yang disajikan dan berbagai target yang akan dituju. Supaya lebih detail, berikut uraian penjelasan perbedaan blog dan website.

1. Konten yang Dibagikan

Dari segi konten yang dibagikan memang sangat berbeda antara blog dan website. Blog lebih banyak memberikan informasi yang spesifik. Mulai dari informasi maupun solusi untuk para pembacanya. Bahkan untuk lalu lintas pembaca pun juga menjaring yang relevan dan sering menggunakan SEO di berbagai konten saat membangun blog.
Sedangkan website sendiri hanya memberikan informasi secara lebih detail untuk jenis bisnis yang dikerjakan. Pada dasarnya bisa meningkatkan kepercayaan untuk para pelanggan. Dari segi konten pun juga kebanyakan hanya konten yang mendukung dengan bisnisnya saja.

2. Pengelola

Blog bisa dikelola oleh personal, namun kalau website ini biasanya dikelola oleh kelompok dan sebuah badan usaha. Atau bisa juga merupakan lembaga dan berbagai organisasi yang bergerak di berbagai bidang.

3. Arah Komunikasi

Dari segi arah komunikasi kalau menggunakan blog memang bisa dua arah. Dan bahkan bisa saling berkomentar dalam sebuah topik pembahasan. Memang untuk arah komunikasi blog lebih luas daripada website.
Beda lagi dengan website, website cenderung memberikan pelayanan berkomunikasi dengan pelanggan menggunakan live chat maupun form kontak. Lebih privasi dan memang cenderung pada layanan bisnisnya saja.

4. Gaya Bahasa

Gaya bahasa dari sebuah blog bisa menerapkan banyak gaya bahasa dan bisa disesuaikan dengan niche yang bersangkutan. Berbeda dengan website yang sebaiknya menggunakan gaya bahasa lebih resmi untuk bisa meningkatkan kredibilitas sebuah bisnis di mata umum.

5. Tujuan Pengelola Platform

Pengelola memang mempunyai tujuan yang berbeda antara blog dan website. Website cenderung jualan produk dan layanan. Sedangkan blog bertujuan meningkatkan trafik, sehingga trafik ini bisa dikonversikan dengan uang ketika sudah berpartner dengan advertiser seperti saja Google Adsense.

6. Isi Konten

Isi dari konten blog lebih spesifik dan lebih bisa berinteraksi dengan pembacanya. Karena memang tujuan dari pembuatan konten pun juga untuk para pembaca, ini bisa terlihat dari segi gaya bahasa dan jenis informasi yang dibagikan.

7. Intensitas Rilis dan Update Konten

Blog lebih sering update konten, tak hanya ukuran minggu, bahkan hitungan hari dan setiap jelang beberapa jam juga banyak yang update konten blog. Ini demi memperkaya konten dan melengkapi blog dengan segala informasi yang dibutuhkan.
Dan memang blog yang kaya akan informasi ini lebih banyak pengunjung, apalagi jika semua isi konten bisa dinikmati dan direkomendasikan oleh mesin pencari. Berbeda dengan website yang update konten ketika ada perubahan saja. Misalnya perubahan harga, struktur dan jenis layanan dari sebuah bisnis.

8. Tujuan Berlangganan

Tujuan berlangganan atau RSS Feed yang dipasang di blog memang bisa membuat pengunjung bisa kembali mengunjungi blog ketika ada konten baru. Berbeda dengan website, walaupun memang ada fitur subscribe via email, namun tujuannya untuk memberitahukan ke pelanggan agar bisa mendapatkan informasi baru seputar produk dan layanan mereka.

Bagaimana Cara Membuat Blog dan Website?

Untuk membuat blog dan website, sebaiknya Anda menggunakan penyedia jasa hosting dan domain yang bagus dan sudah terkemuka. Anda bisa menggunakan Niagahoster. Untuk membuat website dan blog Anda bisa menggunakan content management system yang sudah terkenal seperti Wordpress.
Atau bisa juga untuk membuat blog menggunakan Blogger dari Google, kemudian menggunakan domain custom dari Niagahoster. Ini merupakan solusi murah ketika ingin memulai membuat blog.

Contoh Blog dan Website

Untuk contoh dari website ini misalnya saja media sosial seperti Facebook. Kemudian ada Google, sejenis toko online ada Shopee, Lazada, Tokopedia dan masih banyak lagi. Berbagai website perusahaan juga bisa Anda lihat di halaman website mereka.
Perusahaan yang sudah terkemuka biasanya mempunyai website untuk meningkatkan kredibilitas, selain itu juga memberikan kemudahan dalam mengakses informasi dari produk dan layanan terkait.

Kesimpulan

Membuat website dan blog sekarang ini sudah dipermudah. Apalagi dengan adanya penyedia jasa layanan hosting dan domain berkelas dan profesional dari Niagahoster. Selain harganya terjangkau, Anda akan mendapatkan keuntungan berbagai promo menarik dari semua layanan hosting dan domain dari Niagahoster. Yuk buat website dan blog Anda sekarangsekarang juga. 

Related Posts

Posting Komentar

X