Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Ukuran Amplop Putih Panjang Standar Indonesia di Microsoft Word

Amplop biasanya dipakai sebagai perlindungan surat dan sekalian sebagai cover atau kemas surat yang dapat memproteksi surat supaya tidak dapat dibaca oleh pihak yang tidak memiliki kepentingan, hingga isi dalam amplop tetap aman baik dari transparansi informasi atau dari kerusakan.

Di indonesia sendiri ada banyak standard ukuran amplop yang sering kali dipakai, disamping itu berwarna juga berbagai macam, ada amplop dengan warna putih bersih ada pula amplop dengan warna coklat polos. biasanya amplop warna putih umumnya diperlengkapi dengan perekat dan ukuran biasanya berupa panjang (paperline panjang).

Sementara untuk amplop yang warna coklat umumnya tidak dilengkapi dengan perekat, beberapa kemungkinan cuma ditambahkan dengan tali saja, dan sisanya tidak, disamping itu amplop kertas coklat polos ukuran berbagai macam ada yang besar dan ada yang kecil seperti amplop putih.

Pemakaian amplop coklat dan putih umumnya sedikit berlainan, amplop coklat besar misalkan banyak dipakai untuk kirim document, sementara yang berukuran kecil sering dipakai untuk membungkus uang upah dan sejenisnya.

Sementara amplop yang warna putih polos dengan wujud paperline panjang, banyak dipakai untuk, surat undangan (amplop kondangan), surat menyurat baik surat dinas atau surat yang lain.

Saat amplop dipakai untuk surat dinas, atau untuk amplop kondangan karena itu biasanya amplop harus diperlengkapi dengan kop atau label nama, sudah pasti pembuatanya harus memakai bantuan computer, salah satu aplikasi untuk membuat kop surat pada amplop ialah program microsoft word.

Di microsoft word sendiri pengerjaan kop surat atau cap undangan di bagian luar amplop dapat dijalankan secara mudah, karena microsoft word telah menyiapkan standard ukuran amplop di penjuru dunia, hingga saat kita ingin print kop surat di bagian luar amplop, kita tak perlu repot harus tentukan ukuran amplop dengan manual, cukup hanya pilih code standard amplop yang disiapkan microsoft word, karena itu ukuran amplop akan ditetapkan secara otomatis.

Mengetahui Standard Ukuran Amplop Putih Panjang di Microsoft Word.

Ukuran amplop di indonesia mempunyai standard tertentu, tetapi sebagian besar ukuran amplop telah disiapkan di microsoft word.

Untuk print amplop memakai program microsoft word, karena itu saat sebelum amplop diisi dan di-print, kita harus mempersiapkan formatnya lebih dulu, penataan pertama yang perlu kita tetapkan ialah penataan ukuran kertas untuk amplop itu, hingga saat diprint hasilnya bagus.

Buat anda yang kebetulan masih asing sama ukuran standard amplop yang ada yang ada di indonesia, karena itu artikel di bawah akan merinci ukuran amplop standard yang perlu anda pahami yang dapat anda tentukan di program ms word.

Ukuran Standard pada Amplop Putih Panjang di Indonesia yang Dapat dipilih di Program Microsoft Word.

1. Amplop C4

Ukuran 229 × 324 mm (9 x 12.8 inch). Amplop C4 pas untuk kertas A4.

2. Amplop C3

Ukuran 324 × 458 mm (12.8 x 18 inch). Amplop C3 pas untuk kertas A3.

3. Amplop B6

Ukuran 125 × 176 mm (4.9 x 6.9 inch). Amplop B6 pas untuk kertas C6.

4. Amplop B4

Ukuran 250 × 353 mm (9.8 x 13.9 inch). Amplop B4 pas untuk kertas C4.

5. Amplop E4

Ukuran 280 × 400 mm (11 x 15.75 inch). Amplop E4 pas untuk kertas B4.

6. Amplop C7

Ukuran 81 x 114 mm (3.2 x 4.5 inch). Amplop C7 pas untuk kertas A7 (atau kertas A6 yang dilipat dua sekitar 1x).

7. Amplop C7/C6

Ukuran 81 x 162 mm (3.19 x 6.4 inch). Amplop ini pas untuk kertas memiliki ukuran 1/3 A5.

8. Amplop C6

Ukuran 114 × 162 mm (4.5 x 6.4 inch). Amplop C6 pas untuk kertas A6 (atau kertas A4 yang dilipat dua sekitar 2x).

9. Amplop C6/C5

Ukuran 114 × 229 mm (4.5 x 9 inch). Amplop ini pas untuk kertas memiliki ukuran 1/3 A4.

10. Amplop C5

Ukuran 162 × 229 mm (6.4 x 9 inch). Amplop C5 pas untuk kertas A5 (atau kertas A4 yang dilipat dua sekitar 1x).

Dan lain-lain.

Penyiapan Print Amplop di Microsoft Word

Bila anda tidak mengetahui model amplop yang anda pakai, karena itu saat sebelum kita membuat pola print untuk amplop itu, seharusnya kita ketahui ukuran amplop itu:

a. Silahkan Ukur amplop memakai garis, lalu tulis (dalam milimeter /mm) berapakah panjang dan tingginya, cocokan sama ukuran amplop di atas (siapa tahu ada).

b. Membuka aplikasi microsoft word (ms word 2007, 2010, 2013 atau 2016), tentukan menu Mailings > Enploves

Mengenal Ukuran amplop putih panjang standar indonesia di microsoft word

c. Pada diskusi Enploves dan Cap yang ada, tentukan tombol Options... untuk pilih ukuran Amplop.

d. Pada diskusi Enploves Options, untuk pilihan Enploves Size: Tentukan mode atau ukuran amplop sesuai ukuran amplop yang anda pakai,

Mengenal Ukuran amplop putih panjang standar indonesia di microsoft word

Bila ukuran tidak ada yang pas, anda dapat pilih Custome size... di opsi paling bawah untuk tentukan sendiri ukuran amplop sesuai ukuran amplop yang anda pakai, lalu silakan tetapkan sesuai ukuran amplop anda.

Posting Komentar untuk "Mengenal Ukuran Amplop Putih Panjang Standar Indonesia di Microsoft Word"