Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Print Kop Surat Amplop di Microsoft Word 2007,2010,2013 dan 2016

Di artikel ini kali saya akan membahas panduan bagaimanakah cara yang betul print atau bikin kop surat pada amplop putih panjang memakai microsoft word.

Di program microsoft word baik microsoft word 2007, ms word 2010, ms word 2013 atau ms word 2016, untuk cetak pada amplop sesungguhnya dapat memakai fitur yang telah disiapkan secara eksklusif, tetapi banyak pemakai yang tidak dapat manfaatkan fitur itu karena ketidakjelasan dan minimnya pengalaman.

Sesungguhnya meskipun tanpa kontribusi feature itu, kita bisa membuat pola helai document untuk bikin pada amplop dengan manual, tetapi tetap yang paling ringkas ialah memakai fitur untuk cetak amplop yang telah disiapkan oleh ms word tersebut.

Ada banyak kasus mengapa tulisan yang ingin dibubuhkan pada amplop seperti kop, atau alamat surat perlu memakai computer, maksudnya ialah supaya gampang untuk dibikin dan supaya terlihat lebih rapi diperbandingkan dengan dicatat manual, hingga dengan argumen itu sekarang ini banyak beberapa surat khususnya surat sah dan surat dinas menambah kop yang diprint di amplop yang dipakai untuk mengirimi surat.

Meskipun microsoft word telah sediakan feature khusus untuk print amplop, pada realitanya banyak pemakai yang tidak dapat manfaatkan feature ini, hingga mereka kerap mendapati kesusahan di saat ingin cetak tulisan seperti kop surat atau alamat pada keretas amplop.

Walau sebenarnya seandainya mereka mengetahui triknya, untuk cetak pada keretas amplop, akan cepat sekali dibikin.

Cara Print Kop Surat di Amplop Memakai Microsoft Word 2007,2010,2013 dan 2016

Untuk cetak kop surat pada amplop memakai ms word sangat gampang, apa lagi anda ketahui mode amplop yang dipakai, beberapa langkahnya sebagai berikut ini:

A. Mempersiapkan Document.

Langkah awal saat sebelum bisa membuat kop surat untuk di bikin ada di belakang amplop memakai ms word ialah menyiaokan document untuk pengerjaan kop surat untuk amplop.

Beberapa langkahnya sebagai berikut ini:

1. Ukur amplop anda memakai garis

Langkah awal bila anda tidak ketahui mode amplop yang bakal anda pakai, karena itu anda harus menghitung amplop itu memakai garis untuk ketahui panjang dan tingginya, kemudian tulis hasil pengukur.

2. Membuat pola Amplop di microsoft word

Cara ke-2 sesudah anda ketahui ukuran amplop yang anda pakai ialah membuat pola untuk keretas amplop di microsoft word.

Beberapa langkahnya sebagai berikut ini:

  1. Membuka document ms word (dapat ms word 2007, 2010, 2013 atau 2016) sama juga karena tidak begitu berlainan.
  2. Pada ms word, pilih menu Mailings > EnploveCara Print Kop Surat Amplop di Microsoft Word 2007,2010,2013 dan 2016
  3. Pada diskusi Envlopes dan Labels pencet tombol Options... untuk tentukan ukuran pola amplop yang dipakai
  4. Lantas pada diskusi Enploves Options.. yang ada, pada bagian Enplope size: silakan tentukan mode ukuran yang ada, bila anda tidak paham, anda dapat pilih Pilihan Custom size... pada bagian bawah untuk tentukan sendiri berapakah panjang ukuran dan tingginya.
  5. Kalau sudah diputuskan, pencet saja tombol OK.
  6. Lantas pada diskusi Envlopes dan Labels. pencet tombol Add to Dokumen.
  7. Karena itu pola document untuk bikin kop surat atau text pada amplop akan tampil, seperti kelihatan pada gambar berikut ini:
    Cara Print Kop Surat Amplop di Microsoft Word 2007,2010,2013 dan 2016

Akan ada 2 kertas/helai document, kosong yang pertama untuk amplop komplet dengan layoutnya yang siap dimofikasi dan yang ke-2 untuk helai suratnya.

B. Membuat Kop Surat Amplop pada Document Amplop di Microsoft word

Cara kedua sesudah anda mempersiapkan document untuk bikin kop surat yang bakal diciptakan di amplop ialah membuat kop surat dan info yang lain pada document amplop itu.

Beberapa langkahnya sebagai berikut ini:

Pada helai amplop yang telah anda buat di document ms word, silakan buat kop surat, atau anda dapat copy-paste kop surat dari document ms word lain di tempat atas document amplop bila awalnya pernah buat kop surat.

Selainnya kop anda bisa juga menambah info yang lain pada helai amplop bila memang dibutuhkan, silakan tambah saja sampai pola amplop telah komplet.

C. Print / Membuat Kop Surat di amplop

Cara ketiga sesudah anda membuat pola amplop dan membuat kop surat pada helai document untuk amplop, setelah itu cetak kop surat pada amplop.

Yang kerap jadi persoalan di saat print kop surat khususnya untuk yang baru memulai ialah status kertas amplop, apa landscape atau portrait, mana sisi muka dan mana sisi belakang.

Memang status amplop saat diprint penting diingat, karena bila salah status, karena itu hasilnya akan amburadul.

Status Amplop Saat diprint

Status kop surat saat diprint akan bergantung pada penataan printer yang dipakai. untuk ketahui bagaimana peletakan status amplop jalannya sebagai berikut ini:

a. Tentukan menu Mailings > Envelopes

b. Selanjutnya pada diskusi envelopes dan labels pencet tombol Options..

Cara Print Kop Surat Amplop di Microsoft Word 2007,2010,2013 dan 2016

Pada diskusi Envelope Options yang ada, untuk Feed Metode, silakan tentukan langkah penempatan amplop yang ada.

Tidak seluruhnya opsi pas, umumnya akan sesuaikan dengan penataan printer yang dipakai untuk cetak amplop.

Tentukan salah satunya Feed metode sampai ada info di bawahnya:

Word recommends feeding envelopes as shown above.

Tata langkah penempatan amplop pada printer harus sesuaikan dengan penataan di atas.

Kemudian silakan coba untuk menempatkan amplop pada printer sesuai gambar feed metode yang diputuskan, bila salah anda dapat coba dan coba sampai hasilkan hasil cetakan amplop yang betul dan rapi.

Posting Komentar untuk "Cara Print Kop Surat Amplop di Microsoft Word 2007,2010,2013 dan 2016"