Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Memakai Aplikasi Discord Untuk Obrolan Komunitas

Cara Memakai Aplikasi Discord
Cara Memakai Aplikasi Discord Untuk Obrolan Komunitas

Jika kamu aktif di beberapa komunitas games, kemungkinan kamu kerap dengar nama Discord. Ingin mengetahui lebih dalam masalah aplikasi Discord dan cara memakai aplikasi itu?

Ya, saat kamu main games, khususnya yang terkenal, kemungkinan kamu akan berjumpa dengan undangan tergabung server Discord dari komunitas itu. Juga bisa saat kamu tergabung ke sebuah klan/guild kamu dibawa tergabung ke server klan/guild itu di Discord.

Cara Memakai Aplikasi Discord

Bila kamu belum mengenal apakah itu Discord, kemungkinan kamu akan kebingungan. Nach, silahkan kita ulas lebih jauh agar lebih terang.

Apakah itu Discord?

Pada intinya, Discord ialah aplikasi chatting. Tetapi mekanisme aplikasi ini berlainan dengan aplikasi chatting seperti WhatsApp, Telegram, atau LINE. Discord lebih dekat sama aplikasi chatting untuk team seperti Slack atau Microsoft Tims.

Obrolan di Discord dapat berbentuk obrolan individual (di antara 2 orang pemakai) atau berdasarkan group (lewat server). Obrolan di group juga dapat dipisah kembali jadi oobroln lewat kanal-kanal (kanal). Kamu bisa juga memakai obrolan suara (voice chat) atau panggilan video (video call).

penampilan Discord (lewat browser) Aplikasi Discord benar-benar terkenal antara beberapa gamer. Mereka biasa menggunakannya untuk bercakap masalah games, trik dan tips, atau memakai obrolan suara ketika bermain games (khususnya jika main sebagai team). Beberapa pengembang games kerap memakai Discord sebagai media komunitas. Bagus untuk obrolan umum, bertanya jawab, mengenalkan feature atau moment baru, sampai mendapatkan saran.

Walaupun demikian, saat ini Discord bukan hanya bermanfaat untuk gamer. Saat ini Discord lebih memiliki sifat umum, hingga nikmat digunakan oleh komunitas apa saja.

Di Perangkat Apa Aplikasi Discord Tersedia?

Discord mempunyai aplikasi di beberapa platfom, dimulai dari perangkat bergerak (Android dan iOS) atau computer (Windows, macOS, Linux) baik lewat aplikasi atau browser. Kamu dapat memakai aplikasi Discord dengan gratis.

Unduh aplikasi Discord

  1. Android — Play Store
  2. iOS (iPhone dan iPad) — App Store
  3. Aplikasi computer (Windows, macOS, Linux) — Situs sah
  4. Aplikasi situs (lewat browser) — Discord situs

Selanjutnya kamu dapat membuat account Discord. Triknya sama dengan membuat account lain. Yakni mendaftar alamat e-mail, pilih username, dan tentukan sandi. Kamu perlu lakukan klarifikasi account itu melalui e-mail yang dikirimkan ke alamat e-mail yang kamu daftarkan.

Bagaimana Mengontrol Akun Discord?

Seperti account pada sosial media lain, kamu dapat mengendalikannya sama keperluanmu. Kamu dapat terhubung setel account Discord dengan memencet tombol Setel (simbol ) pada bagian bawah, dekat avatar (gambar profile) akunmu.

Setelan akun Discord Di halaman ‘My Account' kamu dapat menukar avatar, menukar username, menukar alamat e-mail, menukar sandi, meniadakan account, dan aktifkan otentikasi 2 factor.

Di sidebar samping kiri ada juga opsi halaman setel lain. Kamu dapat mengendalikan setel privacy, check aplikasi yang kamu gunakan, dan menyambungkan account Discord ke sosial media, seperti YouTube, Facebook, Twiiter, Twitch, dan lain-lain.

Apakah itu Server Discord?

Discord Server sebagai tempat sebuah komunitas ada dan tempat anggotanya berbicara. Pikirkan seperti sebuah rumah. Di aplikasi, kamu dapat mendapati server komunitas pada bagian paling tepi sidebar kiri. Jika kamu tergabung di sejumlah server komunitas Discord, kamu akan menyaksikan beberapa simbol komunitas itu di situ.

Bagaimana Bergabung Dengan Server Discord?

Kamu dapat bergabung dengan sebuah server komunitas lewat link (link) undangan atau melalui halaman eksplorasi server khalayak dalam aplikasi. Beberapa server komunitas memiliki sifat individu dan minta akses dari undangan. Kecuali tergabung, kamu bisa juga membuat server Discord sendiri.

Kamu dapat terhubung halaman eksplorasi server khalayak dan membuat server sendiri lewat tombol di sidebar kiri pada bagian bawah (di bawah daftar server komunitas).

Apakah itu Channel di Discord?

Channel di Discord adalah istilah saluran atau kanal di sini sedikit berlainan dengan istilah di YouTube. Saluran sebagai lajur atau cara berbicara dalam aplikasi.

Discord membagikan server dalam dua saluran besar, yakni Teks Kanal (saluran text) dan Voice Kanal (saluran suara). Gampang diperhitungkan, di Teks Chanel kamu akan bercakap melalui text, dan di Voice Kanal kamu akan ngorol melalui suara.

Saluran komunitas Ke-2 saluran itu akan terdiri kembali jadi kanal-kanal yang lebih detil. Ibaratnya seperti ruang di rumah. Masing-masing saluran dapat mempunyai topik sendiri. Misalkan: #Tanya-Jawab untuk jawab pertanyaan atau #EasterEgg untuk mengulas rahasia dalam games. Dengan demikian, obrolan tidak bersatu menjadi satu.

Bagaimana Ngobrol di Discord?

Untuk bercakap di komunitas dalam aplikasi Discord, tentu saja kamu harus tergabung dan pilih server itu. Selanjutnya kamu dapat pilih saluran apa sebagai tempat bercakap. Janganlah lupa mengenalkan diri jika disuruh dan turuti ketentuan yang ditetap kan oleh moderator.

1. Ngobrol Dengan Teks

Memakai obrolan text di Discord tidak berbeda jauh dengan aplikasi chatting lain (sudah pasti dengan penampilan yang sedikit berlainan di sini). Di sini kamu bisa juga menggunakan emoji (setiap server senang punyai emoji khusus yang lucu), mengirimi animasi GIF, mengirimi gambar dan video, share link, dan lain-lain. Kamu dapat melakukan dengan mendesak simbol di kotak tuliskan (baik simbol GIF , emoji, atau tambahan/attachment).

kotak tuliskan Oya, batas watak untuk tuliskan di Discord ialah 2000 watak. Lantas Discord memberikan dukungan fungsi-fungsi perintah seperti ‘@‘ untuk menyebutkan seorang (mention) atau ‘/‘ sebagai shortcut untuk peranan khusus (misalkan /giphy facepalm untuk cari animasi gif facepalm di Giphy).

2. Ngobrol Dengan Suara

Untuk ngobrol dengan suara, kamu harus pilih Voice Kanal yang berkaitan. Kamu akan menyaksikan lingkaran hijau di seputar avatarmu saat kamu berbicara. Serunya, kamu dapat mengendalikan tingkat volume, share video, share monitor, tergabung di live stream, atau bahkan juga dengarkan musik bersama-sama dengan Spotify.

Dukungan Bot

Discord memberikan dukungan pemakaian bot dalam aplikasinya. Ada bermacam bot sah dan berbasiskan komunitas yang ada. Memakai bot di Discord dapat benar-benar bermanfaat bagus untuk moderator atau anggota. Kecuali mempermudah, bot bisa juga menambahkan warna tertentu. Misalkan Rythm bot untuk mendatangkan musik dan liriknya dalam pembicaraan.

Posting Komentar untuk "Cara Memakai Aplikasi Discord Untuk Obrolan Komunitas"